31C Medan
Tuesday 23rd April 2024
6 Oleh-Oleh Khas Palangkaraya yang Mesti Dibawa Pulang
By Vacation Indonesia

6 Oleh-Oleh Khas Palangkaraya yang Mesti Dibawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Palangkaraya – Kota Palangkaraya memiliki wilayah yang sebagian besar masih didominasi oleh hutan lindung dan kawasan konservasi. Hal ini membuatnya menjadi destinasi liburan yang menarik untuk dikunjungi.

Kalau kalian berencana ke Kota Palangkaraya, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas yang unik dan menarik. Bingung mencari oleh-oleh khas Palangkaraya yang pas? Tenang saja, berikut ini ada beberapa pilihan oleh-oleh khas dari Palangkaraya yang bisa kalian pilih!

1. Keripik Kelakai

Meski terdengar agak asing, tanaman kelakai merupakan salah satu tumbuhan yang sering digunakan oleh nenek moyang masyarakat keturunan Dayak yang sangat mencintai alam. Tanaman ini dianggap memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, seperti mengobati diare, meningkatkan jumlah darah, dan menjaga kecantikan kulit.

Tapi tidak hanya itu, tanaman Kelakai juga sering diolah menjadi camilan yang lezat dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Palangkaraya bagi para wisatawan. Camilan ini terbuat dari daun Kelakai muda yang dibalur dengan tepung dan bumbu, dan memiliki rasa gurih yang lezat serta tekstur yang renyah. Benar-benar sebuah oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan jika kalian mengunjungi Palangkaraya!

2. Rabuk Patin Kandas Sarai

Mungkin kalian lebih familiar dengan istilah abon, tapi di Kalimantan, masyarakat lebih mengenalnya sebagai rabuk. Rabuk Patin Kandas Sarai adalah salah satu oleh-oleh khas Palangkaraya yang terbuat dari daging ikan patin, berbeda dengan abon yang umumnya terbuat dari daging sapi.

Rabuk Patin Kandas Sarai memiliki varian rasa pedas dan ekstra pedas, sehingga cocok untuk menemani hidangan nasi hangat para penggemar makanan pedas. Jadi, kalau kalian ingin mencoba oleh-oleh khas Palangkaraya yang unik dan lezat, jangan lupa untuk mencicipi Rabuk Patin Kandas Sarai!

Baca Juga:   5 Rekomendasi Hotel Murah di Palangkaraya, Tetap Nyaman dan Lengkap!

3. Kue Apam Wadai

Jika kalian tidak suka dengan oleh-oleh Palangkaraya yang pedas seperti Rabuk Patin Kadas Sarai, maka salah satu alternatif yang bisa dicoba adalah Kue Apam Wadai. Ini adalah kue khas Kalimantan Tengah yang memiliki rasa manis dengan tekstur lembut.

Meskipun Wadai Apam biasanya disajikan pada acara-acara perayaan tertentu, kalian tidak akan kesulitan menemukannya untuk dijadikan oleh-oleh saat mengunjungi Palangkaraya. Kue ini sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan keluarga dan teman-teman saat bersantai di rumah. Jangan lupa mencicipi kelezatan Kue Apam Wadai ketika berada di Palangkaraya!

4. Tahu Bakso Ijo

Tahu Bakso Ijo adalah oleh-oleh yang populer di kalangan wisatawan karena rasanya yang enak, unik, dan berbeda dari oleh-oleh lainnya.

Banyak wisatawan yang rela berburu oleh-oleh ini karena selain enak, kemasannya juga menarik dan mudah dibawa-bawa. Tahu Bakso Ijo juga tahan lama karena dikeringkan terlebih dahulu sebelum dikemas. Ada dua varian rasa Tahu Bakso Ijo, yaitu dengan daging ayam dan olahan sapi.

Setiap bungkus Tahu Bakso Ijo berisi 10 potong, dan harganya masih terjangkau, yaitu sekitar Rp. 10.000 per kotak. Cara mendapatkannya juga mudah, tinggal berkunjung ke pusat oleh-oleh yang banyak terdapat di Palangkaraya. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan Tahu Bakso Ijo saat berkunjung ke Palangkaraya!

5. Wadi patin

Selain Rabuk, ada oleh-oleh khas Palangkaraya lainnya yang juga menggunakan bahan dasar ikan patin, yaitu Wadi Patin. Wadi Patin adalah olahan daging ikan patin yang difermentasi dan kemudian digoreng atau dikukus.

Fermentasi yang dilakukan pada ikan patin membuat Wadi Patin memiliki cita rasa yang unik, asin, asam, dan segar dari daging ikan patin itu sendiri. Ini adalah oleh-oleh yang sangat cocok untuk penggemar makanan laut dan untuk mencicipi rasa khas Palangkaraya.

Baca Juga:   Jogja Airport Resto, Kulineran di Dalam Pesawat

6. Kerajinan Rotan

Kalimantan memiliki jenis oleh-oleh yang unik dan khas, yaitu kerajinan tangan dari bahan dasar rotan. Bahan tersebut diolah menjadi berbagai macam barang seperti cincin, gelang, tas dan pernak-pernik lainnya yang indah dan menarik.

Salah satu kerajinan tangan yang banyak dicari dan memiliki bentuk yang unik adalah tas Palangkaraya yang dibuat dari rotan. Tas ini tidak hanya berguna untuk membawa barang-barang, tetapi juga memiliki nilai seni saat digunakan untuk berbagai kegiatan atau aktivitas. Untuk mendapatkannya, kalian bisa mengunjungi daerah Sampit dimana banyak toko-toko yang menjual kerajinan tangan tersebut.

Palangkaraya dikenal sebagai kota penghasil rotan terbesar di Indonesia, sehingga kalian akan menemukan banyak toko penjual kerajinan tangan di sana. Harga kerajinan tangan dari rotan bervariasi tergantung dari jenis barang dan tingkat kesulitan saat membuatnya.

Oleh-oleh khas Palangkaraya sangat beragam, mulai dari makanan, olahan ikan, hingga kerajinan tangan dengan tampilan yang unik dan khas Kalimantan.Oleh-oleh ini pasti akan membuat kalian tertarik untuk membawanya pulang sebagai kenang-kenangan dari kunjungan kalian ke Palangkaraya.

Tetap update informasi di Vacation Indonesia ya, untuk dapatkan informasi-informasi menarik lainnya. See you!

  • No Comments
  • April 10, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *