31C Medan
Tuesday 23rd April 2024
6 Museum di Jogja untuk Alternatif Liburanmu, Bisa Tambah Ilmu!
By Vacation Indonesia

6 Museum di Jogja untuk Alternatif Liburanmu, Bisa Tambah Ilmu!

Museum di Jogja – Jogja yang juga dikenal sebagai kota sejuta pesona ini memiliki segudang tempat wisata yang tidak ada habisnya. Berbagai wisata museum adalah salah satunya. Yogyakarta adalah kota yang terkenal dengan pariwisata, seni, dan budayanya, serta memiliki sejarah yang kaya. Museum adalah pilihan terbaik untuk dikunjungi jika kalian ingin mempelajari banyak hal.

Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi museum di Jogja? Berikut beberapa rekomendasi dari Vacation Indonesia, museum di Jogja yang rekomendasi buat kalian kunjungi.

1. Museum Benteng Vredeburg

Museum Keraton Yogyakarta
Source: Google Maps

Pada masa penjajahan Belanda, Museum Benteng Vredeburg berfungsi sebagai benteng pertahanan. Serangan Umum 1 Maret dan kejadian sejarah lainnya di Jogja tersimpan di museum ini. Kalian akan menemukan bangunan megah bergaya Belanda di dalamnya, serta diorama peristiwa sejarah, lukisan, patung, dan lain-lain.

Setelah Indonesia merdeka, bangunan ini mengalami perubahan penggunaan dan kini menjadi museum dengan koleksi diorama yang menggambarkan sejarah Indonesia.

Jam Operasional Museum Benteng Vredeburg:

  • Selasa – Kamis: Buka mulai 07.30 WIB s/d 16.00 WIB
  • Jumat: Buka mulai 07.30 WIB s/d 16.30 WIB
  • Sabtu – Minggu: Buka mulai 07.30 WIB s/d 16.00 WIB
  • Senin: Libur


Biaya Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg:

  • Dewasa: Rp. 2.000,-
  • Anak-anak: Rp. 1.000,-

2. Museum Keraton Yogyakarta

Museum Keraton Yogyakarta
Source: Wikipedia

Museum Keraton Yogyakarta merupakan salah satu museum yang wajib dikunjungi di Yogyakarta dan terletak di pusat kota tidak jauh dari Alun-alun Utara Yogyakarta. Objek wisata berupa museum ini berada di dalam kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, seperti namanya. Keraton Yogyakarta tidak hanya berfungsi sebagai rumah raja dan keluarganya, tetapi juga tersedia untuk masyarakat umum sebagai objek wisata.

Baca Juga:   Gunung Bunder Bogor: Wisata Alam Nan Menakjubkan di Bogor

Kalian dapat melihat bangunan megah, berinteraksi dengan para abdi dalem, dan melihat pertunjukan seni di sini. Selain itu, kalian dapat melihat berbagai koleksi pusaka keluarga kerajaan yang tak ternilai harganya dan benda-benda sejarah.

Jam Operasional Museum Keraton Yogyakarta:

  • Selasa – Jumat: Buka mulai 08.00 WIB s/d 13.30 WIB
  • Khusus Hari Jumat: Buka mulai 08.00 WIB s/d 13.00 WIB
  • Libur pada upacara kebesaran Keraton


Biaya Tiket Masuk Museum Keraton Yogyakarta:

  • Biaya tiket masuk: Rp. 5.000,-

3. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu
Source: Google Maps

Museum Ullen Sentalu merupakan tempat wisata sejarah yang tidak boleh kalian lewatkan saat berkunjung ke Jogja. Kasunan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman semuanya adalah bagian dari dinasti Mataram, yang ditampilkan di sini. Museum ini menampilkan koleksi batik dalam berbagai gaya, termasuk dari Yogyakarta dan Surakarta.

Sebagai informasi, Museum Ullen Sentalu adalah museum terbaik di Indonesia versi TripAdvisor. Pengelolaan Museum Ullen Sentalu tidak mengecewakan. Setiap kunjungan akan didampingi oleh seorang pemandu yang akan menjelaskan setiap koleksi secara detail, memastikan bahwa kalian mendapatkan informasi yang menyeluruh. Kalian bisa belajar lebih banyak tentang sejarah empat keraton di Solo dan Yogyakarta dengan mengunjungi museum ini.

Jam Operasional Museum Ullen Sentalu:

  • Selasa – Jumat: Buka mulai 08.30 WIB s/d 16.00 WIB
  • Sabtu – Minggu: Buka mulai 08.30 WIB s/d 17.00 WIB
  • Senin: Libur


Biaya Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu:

  • Dewasa: Rp. 30.000,-
  • Anak-anak: Rp. 15.000,-

4. Museum Gunungapi Merapi

Museum Gunungapi Merapi
Source: Google Maps

Museum Gunungapi Merapi adalah museum bersejarah yang melayani masyarakat luas sebagai sarana pendidikan dan penyebaran informasi tentang berbagai aspek kegunungapian dan bencana geologi.

Objek wisata berupa museum di Jogja ini mengedukasi masyarakat tidak hanya dari sisi keilmuan tetapi juga dari sisi sosial budaya terkait gunung berapi. Terletak di Dusun Banteng Desa Harjobinangun, museum ini pertama kali dibuka pada tahun 2009.

Baca Juga:   Tempat Wisata Berhawa Sejuk di Indonesia, Siapkan Jaket Kalian!

Jam Operasional Museum Gunungapi Merapi:

  • Selasa – Minggu: Buka mulai 08.00 WIB s/d 15.30 WIB
  • Senin: Libur


Biaya Tiket Masuk Museum Gunungapi Merapi:

  • Biaya tiket masuk: Rp. 3.000,-
  • Jika mau menonton film pendek Mahaguru Merapi, dikenakan biaya Rp. 5.000,-

5. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo
Source: Google Maps

Museum Sonobudoyo merupakan salah satu museum di Yogyakarta yang wajib dikunjungi karena menyimpan koleksi keris berbagai bentuk dan ukuran dari berbagai daerah. Objek wisata museum ini dapat ditemukan di Jalan Trikora 6 di Alun-Alun Utara Yogyakarta.

Saat kalian berkunjung ke Museum Sonobudoyo, kalian bisa melihat sekitar 1.200 koleksi keris. Selain itu, museum ini memiliki sejumlah koleksi sejarah dan budaya Jawa yang terlengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Selain keris, museum ini menampilkan topeng Jawa, wayang kulit, patung perunggu dari abad ke-8, dan keramik dari masa Neolitikum.

Jam Operasional Museum Sonobudoyo:

  • Selasa – Jumat: Buka mulai 08.00 WIB s/d 16.00 WIB
  • Khusus Hari Jumat: Buka mulai 08.00 WIB s/d 14.30 WIB
  • Senin: Libur


Biaya Tiket Masuk Museum Sonobudoyo:

  • Biaya tiket masuk: Rp. 3.000,-

6. Museum Affandi

Museum Affandi
Source: Google Maps

Apakah kalian menikmati seni atau berpikir untuk mempelajarinya? Kunjungi Museum Affandi yang terletak di kawasan Caturtunggal. Museum Affandi dibuat sebagai penghormatan bagi Maestro Lukis Indonesia, Affandi.

Lebih dari 300 lukisan karya seniman Affandi disimpan di museum di Jogja ini, yang dulunya merupakan rumah pribadi. Museum ini juga memiliki koleksi karya pelukis lain, antara lain Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, dan Muchtar Apin, selain 300 lukisan Affandi. Sebuah patung karya Amrus Natalsya dan potongan kayu yang dipoles oleh keluarga Tjokot juga dipajang di sini.

Baca Juga:   Rekomendasi Villa di Batu Malang, View Keren Fasilitas Lengkap!

Jam Operasional Museum Affandi:

  • Setiap Hari: Buka mulai 09.00 WIB s/d 16.00 WIB
  • Hari Libur Nasional & Hari Minggu di Minggu Pertama: Libur


Biaya Tiket Masuk Museum Affandi:

  • Biaya tiket masuk: Rp. 50.000,- (termasuk minuman dan souvenir)

Nah itulah rekomendasi museum di Jogja yang bisa jadi alternatif kalian ketika liburan di Jogja. Banyak informasi yang akan kalian dapatkan yang pastinya bisa menambah ilmu. Tertarik mengunjungi museum di Jogja? Jangan lupa share ke teman, keluarga, pacar kalian ya, biar bisa pergi bareng. Tetap update informasi di Vacation Indonesia ya, untuk dapatkan informasi-informasi menarik lainnya. See you!

  • No Comments
  • December 12, 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *