31C Medan
Thursday 11th April 2024
Intip Pesona Pulau Pisang Lampung, Surganya Pesisir Barat
By Vacation Indonesia

Intip Pesona Pulau Pisang Lampung, Surganya Pesisir Barat

Pulau Pisang Lampung – Indonesia terdiri dari gugusan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia terdiri dari banyak pulau, sehingga terdapat pantai-pantai indah dari utara ke selatan dan dari barat ke timur. Menawarkan pemandangan dari pantai-pantai di pulau-pulau besar hingga pulau-pulau kecil yang sayang untuk dilewatkan.

Kalian tinggal pilih mau ke pantai mana di salah satu daerah Indonesia. Salah satu daerah yang mulai dilirik karena keindahan pantainya adalah Lampung. Ada banyak pantai-pantai keren di Lampung, dan salah satunya adalah pantai di Pulau Pisang Lampung.

Beberapa dari kalian mungkin bertanya-tanya mengapa pulau ini disebut Pulau Pisang. Penduduk setempat mengatakan bahwa pulau ini disebut Pulau Pisang karena dari atas menara pulau, bentuk pulau ini terlihat seperti pisang.

Tapi ada cerita lain yang mengatakan orang pertama yang menemukan pulau ini menggunakan batang pisang yang dibuat menjadi perahu untuk sampai ke sana. Inilah mengapa disebut Pulau Pisang.

Pesona Pulau Pisang Lampung

Pulau Pisang

Punya Beberapa Spot Wisata

Ada juga beberapa spot wisata lain di pulau ini yang tidak boleh kalian lewatkan. Salah satu yang terpopuler adalah Pantai Dermaga yang terletak di Pekon Pasar. Keberadaan pilar-pilar beton yang dulunya merupakan bagian dari bangunan dermaga namun kemudian rusak diterjang ombak merupakan ciri khas yang hanya dapat ditemukan di lokasi ini dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Pengunjung dapat menikmati luasnya lautan tak berujung dan pasir putih bersih di pantai ini. Selain itu, pengunjung dapat melompat dan menyelam ke laut untuk menikmati keindahan laut dan airnya yang segar di sisa-sisa dermaga yang menjorok ke dalam air. Menjelang senja, keindahan pantai semakin bertambah karena kalian bisa melihat matahari jingga perlahan tenggelam ke dalam air.

pantai pulau pisang
Source: Google Maps

Kemudian ada spot lain yang bernama Batu Inton yang juga berada di Pekon Pasar. Di spot ini, kalian bisa menikmati bagaimana sinar matahari membuat bebatuan pantai berkilauan. Kalian akan merasa seperti melihat kilauan berlian jika kalian melihatnya dari pinggir pantai.

Spot berikutnya ada Gua Liang yang bisa ditemukan tidak jauh dari Batu Inton. Gua Liang  menyuguhkan pengunjung dengan pemandangan laut yang menakjubkan, termasuk keindahan Batu Inton. Dalam perjalanan ke Gua Liang, banyak monyet ekor panjang bergelantungan di pohon dan melompat dari satu pohon ke pohon berikutnya, tentunya sensasi perjalanan yang sulit dilupakan.

Spot selanjutnya ada Batu Tiga yang terletak di Pekon Sukamarga. Disebut Batu Tiga karena jika kalian menyusuri sisi kiri Pulau Pisang, kalian akan melihat tiga batu karang besar di tepi pantai. Di spot ini banyak warga sekitar yang memancing, jika kalian membawa perlengkapan pancing boleh memancing bersama warga setempat.

Baca Juga:   5 Tempat Bermain Anak di Medan yang Seru untuk Isi Akhir Pekan

Spot terakhir sekaligus spot paling populer untuk selfie adalah Batu Bughi (Ghuri). Spot ini populer untuk selfie karena disini kalian dapat menemukan bangkai kapal pengeruk dari Padang yang terdampar akibat diterjang ombak yang sangat besar.

Air yang Jernih dengan Spesies Ikan yang Beragam

Jika beruntung kalian bisa melihat iringan ikan lumba-lumba yang seolah-olah menyambut kedatangan kalian. Biasanya lumba-lumba ini terlihat di bulan Juni atau Juli, jadi jika ingin melihat lumba-lumba, coba datang di bulan tersebut.

Jangan ragukan kejernihan air laut di Pulau Pisang ini, dengan kejernihannya siapapun ingin segera snorkeling atau diving. Ditambah lagi dengan spesies ikan yang beragam, serta terumbu karang yang masih alami dan terawat.

Fasilitas & Akomodasi Pulau Pisang Lampung

penginapan di pulau pisang
Source: Google Maps

Bagi kalian yang ingin menelusuri pulau ini, ada dua pilihan yang bisa kalian pilih. Pertama, bagi kalian yang biasa trekking dan memiliki stamina yang tinggi kalian bisa berjalan kaki. Pilihan kedua adalah kalian bisa menyewa motor. Warga setempat biasanya menyewakan motor mereka dengan harga Rp. 50.000, dengan harga itu kalian bisa menyewa motor seharian dan berkeliling Pulau Pisang Lampung sepuasnya.

Tak perlu khawatir bagi kalian yang berwisata ke Pulau Pisang dan ingin menginap di sana, karena tersedia penginapan di Pulau Pisang. Kalian bisa menginap di wisma atau di rumah penduduk setempat (homestay) pastinya dengan harga yang terjangkau. Setelah seharian menjelajahi pulau, kalian bisa bersantai dan melepas lelah.

Cara ke Pulau Pisang Lampung

Bagi kalian yang ingin menelusuri pulau ini, pertama kalian harus menempuh 6-7 jam perjalanan darat dari Bandar Lampung menuju Krui. Sampai di Krui, ada 2 alternatif yang bisa kalian pilih untuk menuju ke Pulau Pisang.

Baca Juga:   Nikmati Sensasi Gurih dan Renyah Teri Bajak Medan

Alternatif pertama, kalian menggunakan ojek dari Krui menuju Pekon Tebakak, dari Pekon Tebakak ini kalian bisa menggunakan jukung (perahu) untuk menuju ke Pulau Pisang. Penyebrangannya sekitar 15-20 menit dengan harga penyebrangan Rp. 15.000/orang.

Alternatif kedua, dari Dermaga Kuala Krui kalian menyebrang langsung ke Pulau Pisang dengan durasi sekitar satu jam. Dari Dermaga Kuala Krui hanya ada 2 jadwal penyebrangan, yaitu pukul 08.00 dan 14.00, jadi jangan sampai ketinggalan kapal ya.

Demikian informasi tentang pesona Pulau Pisang Lampung. Apakah kalian tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa ajak teman-temanmu dan segera tentukan jadwal kalian ke pulau ini.

Tetap untuk update informasi di Vacation Indonesia sebagai sumber referensi perjalananmu. Sampai ketemu di referensi perjalanan berikutnya.

  • No Comments
  • January 11, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *