31C Medan
Wednesday 15th May 2024
Bendungan Batu Tegi, Tempat Wisata yang Pas Untuk Mengisi Liburan
By Vacation Indonesia

Bendungan Batu Tegi, Tempat Wisata yang Pas Untuk Mengisi Liburan

Bendungan Batu Tegi – Bentangan alam Indonesia yang memukau kembali mengundang kita untuk menjelajah destinasi menarik. Keindahan Indonesia tidak hanya terletak pada satu daerah seperti Bali saja, tetapi hampir di seluruh daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang memiliki banyak tempat memikat adalah Lampung. Salah satu tempat wisata yang pas untuk mengisi liburan di Lampung adalah adalah Bendungan Batu Tegi.

Dalam artikel ini, Vacation Indonesia akan mengajak kalian untuk lebih mengenal tempat wisata di Lampung ini. Simak panduan lengkap berikut untuk merencanakan liburan kalian.

Tempat Wisata di Lampung
Source: Google Maps | yudo suryo

Bendungan Batu Tegi adalah salah satu prestasi teknik yang mengesankan di Indonesia. Terletak di antara dua lekukan bukit yang tinggi, bendungan ini telah mengubah lanskap alam sekitarnya selamanya. Namun, apa yang membuat bendungan ini begitu istimewa adalah sejarahnya yang menarik dan dampak positifnya terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Proses pembangunan Bendungan Batu Tegi dimulai pada tahun 1995. Ini adalah proyek ambisius yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan. Namun, hasil akhirnya patut dibanggakan. Pada saat itu, bendungan ini diresmikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri, yang saat itu menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Bendungan Batu Tegi memiliki dimensi yang mengesankan. Dengan luas mencapai 3.560 hektar, bendungan ini tidak hanya mengubah topografi sekitarnya, tetapi juga memainkan peran penting dalam mengelola sumber daya air. Kapasitas debit air yang dapat ditampung mencapai 9 juta meter kubik, dan yang lebih mengagumkan adalah keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di dalam bendungan ini.

Baca Juga:   5 Destinasi Surfing Terbaik di Indonesia untuk Pencinta Selancar

PLTA di bendungan ini memiliki kapasitas yang mengesankan, dengan total produksi listrik mencapai 125,2 giga watt per tahun. Ini adalah langkah besar dalam mendukung kebutuhan listrik di daerah tersebut dan berkontribusi pada pengembangan infrastruktur energi yang lebih berkelanjutan.

Spot Fotografi Terbaik di Bendungan Batu Tegi

Vacation Indonesia
Source: Google Maps | Jalan Setapak

Jika kalian berencana untuk mengunjungi tempat wisata di Lampung ini, persiapkan kamera kalian karena ada banyak spot keren yang sayang untuk dilewatkan. Selain pemandangan utama berupa waduk air yang luas, ada beberapa tempat yang sempurna untuk berfoto atau sekadar menikmati keindahan alam di sekitar bendungan ini.

1. Landmark Bendungan Batu Tegi

Begitu kalian memasuki wilayah bendungan ini, mata kalian akan disuguhi oleh pemandangan bendungan yang megah dan bukit-bukit yang mengelilinginya. Inilah saat yang tepat untuk mengabadikan momen di landmark Bendungan Batu Tegi. Untuk menghasilkan foto yang luar biasa, disarankan untuk membawa kamera DSLR atau Mirrorless agar kalian dapat mendapatkan foto dengan kualitas terbaik.

2. Jembatan Seribu

Salah satu spot yang membuat tempat wisata ini begitu unik adalah adanya jembatan yang berdiri megah di tengah danau. Latar belakang danau yang luas akan membuat foto kalian semakin menakjubkan. Pastikan untuk menjadwalkan waktu kunjungan kalian sehingga kalian dapat menangkap momen dengan cahaya matahari yang sempurna.

3. Jalan Berkelok 8

4. Dermaga

Setelah tiba di dermaga Bendungan Batu Tegi, nikmati momen istirahat di tepi dermaga yang teduh. Kalian dapat membawa bekal dari rumah dan menikmati makanan dan minuman sambil menikmati pemandangan. Air di sekitar dermaga memiliki warna biru yang indah, kontras dengan tanaman coklat di sekelilingnya.

Kalian juga dapat melihat banyak kapal yang menawarkan perjalanan keliling bendungan. Harga untuk berkeliling dengan kapal biasanya sekitar Rp. 100 ribu per kapal dengan kapasitas maksimum 7-10 orang. Jika kalian lebih suka menggunakan perahu pribadi, beberapa fasilitas disediakan dengan harga sekitar Rp. 700.000 untuk satu putaran.

Harga Tiket Masuk

Bendungan Batu Tegi Lampung
Source: Google Maps | ari ben36

Inilah daftar harga tiket masuk yang perlu kalian ketahui sebelum mengunjungi tempat wisata di Lampung ini.

  • Tiket Masuk Per Orang: Hanya dengan Rp. 3.000 per orang, kalian dapat menikmati semua keindahan yang ditawarkan oleh Bendungan Batu Tegi. Harga ini sangat terjangkau dan memungkinkan siapa saja untuk menikmati pemandangan spektakuler.
  • Parkir Motor dan Mobil: Jika kalian mengendarai motor, biaya parkirnya hanya Rp. 2.000. Sedangkan jika kalian membawa mobil, kalian akan dikenai biaya parkir sebesar Rp. 5.000. Ini adalah biaya yang wajar untuk menjaga area parkir tetap teratur dan aman.
  • Parkir Bus: Jika kalian berkunjung dengan rombongan yang lebih besar dan membawa bus, biaya parkir bus adalah Rp. 10.000. Ini adalah opsi yang ideal untuk perjalanan keluarga atau acara grup.
  • Sewa Perahu: Untuk pengalaman yang lebih intens dan menyenangkan, kalian dapat menyewa perahu dengan biaya sekitar Rp. 700.000. Dengan perahu ini, kalian dapat menjelajahi danau yang luas dengan cara yang unik dan mendapatkan pandangan yang berbeda tentang Bendungan Batu Tegi.
Baca Juga:   Hillpark Sibolangit, Destinasi Wisata Hiburan Terbaik untuk Mengisi Akhir Pekan

Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, Bendungan Batu Tegi adalah destinasi yang sempurna untuk bersantai bersama keluarga, teman, atau bahkan dalam perjalanan solo. Kalian tidak perlu khawatir tentang biaya yang mahal, sehingga kalian dapat fokus sepenuhnya pada menikmati keindahan alam dan momen berharga selama kunjungan kalian.

Lokasi Bendungan

Bendungan Batu Tegi adalah sebuah tempat yang terletak di Pekon Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Bagi kalian yang berencana untuk mengunjungi tempat ini, berikut adalah petunjuk arah dari Kota Bandar Lampung:

  1. Mulai dari Kota Bandar Lampung: Pertama-tama, arahkan kendaraan kalian menuju Terminal Kemiling. Teruskan perjalanan kalian lurus menuju arah Kota Agung.
  2. Melewati Kabupaten Pesawaran: Kalian akan melewati Kabupaten Pesawaran dalam perjalanan kalian. Lanjutkan perjalanan kalian dengan tetap lurus di jalan yang kalian tempuh.
  3. Rest Area Pringsewu: Pastikan kalian melalui Rest Area Pringsewu atau yang dikenal dengan sebutan Bambu Kuning di Kabupaten Pringsewu. Ini adalah titik referensi yang berguna di perjalanan kalian.
  4. Tugu Kabupaten Tanggamus: Setelah melewati Kabupaten Pringsewu, kalian akan sampai di Tugu Kabupaten Tanggamus. Ini adalah poin penting lainnya dalam perjalanan kalian.
  5. Plang Petunjuk Arah Bendungan Batu Tegi: Setelah mencapai Tugu Kabupaten Tanggamus, kalian akan melihat plang petunjuk arah menuju Bendungan. Ikuti petunjuk arah ini untuk mencapai tujuan kalian dengan mudah.

Demikian informasi mengenai Bendungan Batu Tegi, Tempat Wisata yang Pas Untuk Mengisi Liburan. Tetap untuk update informasi di Vacation Indonesia sebagai sumber referensi perjalanan kalian ya. Sampai ketemu di referensi perjalanan berikutnya.

  • No Comments
  • November 30, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *