31C Medan
Friday 17th May 2024
5 Air Terjun di Gianyar: Pesona Keindahan Alam yang Mengagumkan
By Vacation Indonesia

5 Air Terjun di Gianyar: Pesona Keindahan Alam yang Mengagumkan

Air Terjun di Gianyar – Apabila kalian merencanakan liburan ke Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam yang asri dan indah di sana. Selain pantai dan kesenian yang terkenal, kalian juga dapat mengunjungi beberapa air terjun di Gianyar sebagai pilihan destinasi wisata. Lokasi ini sangat disarankan untuk dikunjungi saat berada di Bali.

Gianyar memiliki beberapa air terjun yang menjadi daya tarik utama wisata daerah tersebut. Keindahan bentuk air terjun dan panorama alam yang masih asri menjadikan tempat ini sebagai favorit wisatawan lokal dan asing.

Apabila kalian tertarik mengunjungi wisata alam di Gianyar, berikut ini Vacation Indonesia rekomendasikan beberapa deretan wisata air terjun yang bisa kalian kunjungi. Selain keindahannya, kalian juga bisa melakukan eksplorasi singkat di sekitar air terjun dan merasakan keasrian lingkungan. Apa saja air terjunnya? Yuk simak ulasan dari Vacation Indonesia berikut.

1. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan
Source: Google Maps | George Za

Air terjun Tegenungan berlokasi di Desa Kemenuh, Gianyar, dengan ketinggian sekitar 15 meter dan pemandangan alam yang indah. Di sana, kalian dapat berenang atau hanya menikmati suasana yang menenangkan di sekitar air terjun.

Air terjun Tegenungan terkenal dengan airnya yang jernih dan sejuk, serta panorama alam yang masih asri dan alami. Di sana, kalian dapat menikmati keindahan air terjun dan suasana yang tenang sambil duduk di sekitarnya. Selain itu, kalian juga bisa melakukan aktivitas berenang di bawah air terjun yang menenangkan.

Air Terjun Tegenungan sering dijadikan lokasi wisata oleh wisatawan asing maupun lokal. Kalian juga dapat melakukan perjalanan kecil ke area sekitar air terjun untuk menikmati suasana yang lebih tenang dan memperoleh pengalaman mendalam dengan alam sekitar. Air terjun ini buka setiap hari, mulai dari pukul 6.30 pagi hingga pukul 6.30 malam. Pada malam hari, air terjun ditutup untuk meminimalisir risiko kecelakaan dan menjaga keselamatan pengunjung.

Baca Juga:   Pulau Padar Labuan Bajo, Pulau Kaya Pesona di Labuan Bajo

Alamat Air Terjun Tegenungan: Jl. Ir. Sutami Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Harga Tiket Masuk: Rp. 20.000/orang

2. Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo
Source: Google Maps | Andreas

Air Terjun Kanto Lampo di Kecamatan Gianyar, tepatnya Desa Beng, adalah salah satu air terjun musiman yang sangat populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Destinasi alam ini terkenal di Gianyar, selain air terjun Tegenungan, dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Yang menarik dari air terjun Kanto Lampo adalah adanya batu-batu yang berundak dan tinggi, memberikan pesona tersendiri bagi para pengunjung. Aliran airnya yang deras memberi efek putih yang indah pada bebatuan yang mengelilinginya. Terlihat juga bebatuan hitam misterius yang muncul di antara aliran air terjun jika dilihat dengan seksama.

Air terjun ini dikelilingi oleh tumbuhan dan bebatuan yang masih alami, dan masyarakat sekitar tampak sangat menjaga keasrian hutan di sekitarnya. Terdapat beberapa pelinggih di dekat air terjun yang digunakan sebagai tempat pencarian air suci atau tirta dalam upacara keagamaan Pitra Yadnya atau Dewa Yadnya.

Alamat Air Terjun Kanto Lampo: Jalan Kaliasem, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali
Harga Tiket Masuk: Rp. 20.000

3. Air Terjun Layana

Air Terjun Layana
Source: Google Maps | Callie Perdue

Air terjun Layana terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, dan menawarkan pemandangan alam yang indah berupa pepohonan kelapa, persawahan, dan hutan hijau yang lebat di sekitar air terjun. Lokasinya juga dekat dengan tempat wisata alam lainnya, yaitu Goa Gajah.

Awalnya, Air Terjun Layana hanyalah sebuah ide dari penduduk desa yang tinggal di sekitarnya. Baled, seorang inisiator ide, mengubah dan merapikan lahan di dekat air terjun menjadi sebuah restoran. Warung yang diberi nama Warung Layana ini terinspirasi dari nama air terjun di dekatnya.

Baca Juga:   Pesona Kebun Raya Balikpapan: Destinasi Wisata Favorit di Kalimantan Timur

Kehadiran restoran ini menjadi salah satu fasilitas penting di kawasan Air Terjun Layana, sehingga para wisatawan dapat menikmati hidangan sambil menikmati panorama yang indah di sekitar air terjun. Sudut-sudut kawasan ini sangat estetik dan memungkinkan pengunjung untuk mengambil banyak foto Instagramable.

Alamat Air Terjun Layana: Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali
Harga Tiket Masuk: Gratis

4. Air Terjun Petanu

Air Terjun Petanu
Source: Google Maps | alit suarnegara

Air Terjun Petanu adalah salah satu destinasi wisata alam yang indah dan menakjubkan di Bali. Meskipun belum sepopuler destinasi wisata lain di Bali, namun tempat ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan, bahkan pada hari biasa sekalipun.

Jika kalian lelah dengan kepadatan aktivitas kota, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Gianyar dan menikmati keindahan dan kesejukan dari Air Terjun Petanu. Lokasi wisata air terjun ini dapat membantu merefresh pikiran dan menenangkan hati.

Keindahan air terjun yang mempesona menjadi daya tarik utama dari wisata air terjun ini. Aliran air yang jatuh memiliki keindahan yang tidak bisa ditemukan di destinasi wisata lain. Terlebih lagi, air di tempat ini sangat jernih, membuat pemandangan semakin indah dan nyaman untuk dinikmati. Jika kalian bosan dengan pemandangan kota yang monoton, maka Air Terjun Petanu adalah pilihan destinasi terbaik untuk menikmati alam.

Alamat Air Terjun Petanu: Kedisan, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali
Harga Tiket Masuk: Gratis

5. Air Terjun Apit Aungan Pejeng

Air Terjun Apit Aungan Pejeng
Source: Google Maps | Baliolyubvi

Air Terjun Apit Aungan di Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Lokasinya yang berbeda dari air terjun pada umumnya, yang biasanya terletak di pelataran terbuka, menjadikan destinasi ini semakin menarik untuk dikunjungi. Selain itu, nama “Aungan” pada air terjun tersebut berasal dari nama gua lokal yang ada di sekitarnya.

Baca Juga:   Wisata Sambil Edukasi di Secret Garden Bali

Salah satu hal yang membuat Air Terjun Apit Aungan berbeda adalah lokasinya yang diapit oleh dua gua. Hal ini membuat ketinggian air terjunnya tidak sama dengan air terjun lainnya di Gianyar. Meskipun aliran air terjunnya cukup pendek, arusnya cukup kuat sehingga tetap menawarkan keindahan yang tak kalah menarik.

Ketinggian air terjun yang relatif pendek menjadikan Air Terjun Apit Aungan Pejeng sangat ramah bagi keluarga yang ingin berwisata bersama anak-anak. Anak-anak dapat bermain di bawah air terjun tanpa harus khawatir terseret arus. Selain itu, lingkungan sekitar air terjun juga menawarkan kesempatan untuk melakukan eksplorasi dan mengunjungi gua-gua yang ada di sekitarnya.

Alamat Air Terjun Apit Aungan Pejeng: Jalan Raya Pejeng Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali
Harga Tiket Masuk: Gratis

Demikian informasi dari Vacation Indonesia mengenai 5 Tempat Bukber di Medan yang Wajib Dicoba, Dijamin Enak!. Mau ajak siapa kesini? Jangan lupa share ke teman, keluarga, pacar kalian ya, biar bisa pergi bareng, makin rame makin seru.

Tetap update informasi di Vacation Indonesia ya, untuk dapatkan informasi-informasi menarik lainnya. See you!

  • No Comments
  • April 8, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *